Otzi (Manusia Es) Membeku Selama 5300 Tahun, Ada Apa Didalam Tubuhnya..?

Otzi (Manusia Es) Membeku Selama 5300 Tahun, Ada Apa Didalam Tubuhnya..?

Seperti apa yah rupa manusia eropa yang hidup pada masa batu 5000 th. yang silam? Bagaimana yah pola hidup mereka pada masa itu? Untuk yang penasaran, Manusia Es "Otzi" bisa memberimu jawaban. Otzi yaitu mumi yang berumur 5300 tahun, terdaftar juga sebagai mumi yang paling tua serta yang paling utuh diketemukan sampai saat ini. Sumbangsihnya untuk riset masa modern sangat tidak ternilai. 

Pada th. 1991, seseorang turis Jerman menemukan Mumi yang terkubur didalam gundukan salju pegunungan Alpen, yakni di perbatasan pada Italia serta Austria. Mumi itu utuh keseluruhannya karena oleh cuaca dingin di ketinggian pegunungan. Otzi diprediksikan mati pada th. 3300 saat sebelum masehi, beberapa ahli memperkirakan ketika itu usianya kira-­kira 45 tahun.

Otzi memberi banyak info berguna untuk peneliti masa modern tentang pola hidup manausia eropa pada masa itu. Beberapa peneliti mengambil photo Otzi dengan resolusi super tinggi dan memajangnya didalam jaringan internet. 

Pada badan Otzi diketemukan jubah panjang yang terbuat dari kulit bulu, sepatu yang terbuat dari kulit binatang, lalu busur serta panah. Beberapa peneliti memperkirakan Otzi yaitu seseorang pemburu yang hidup pada masa batu. Juga lewat riset bekas kandungan didalam usus, diketemukan bahwa saat sebelum matinya, Otzi pernah mengonsumsi daging kambing hutan dan sayur­sayuran, lalu memakaan daging rusa, dan besar kemungkinan dibarengi dengan mengonsumsi bermacam biji­-bijian. 

Namun, beberapa peneliti menghadapi suatu teka teki yang teramat susah, yakni : apakah pemicu kematian Otzi? Pada tahun 2001, beberapa peneliti menemukan ujung panah pada pundak Otzi, mereka menebak Otzi yaitu korban pembunuhan. Tetapi beberapa peneliti yang lain menebak Otzi mati dalam suatu duel karena luka benda tajam diketemukan pada tangan kanan serta pergelangan tangan kanan. Namun komentar-komentar ini terus memetik banyak perdebatan sengit. 

Otzi dipajang di Museum Histori Archeology Italia, tulang­tulang­nya ditata dengan rapi serta utuh. Bila dilihat dari foto­foto diatas, ia tak terlihat seperti tulang manusia dari 5000 tahun silam. [globalherbal]

Previous Post
Next Post

post written by:

0 Comments: