Perbedaan Perlengkapan dan Peralatan Kantor

Perbedaan Perlengkapan dan Peralatan Kantor

Definisi perlengkapan dan peralatan dalam akuntansi ?

Perlengkapan dalam akuntansi adalah barang-barang yang dimiliki perusahaan yang bersifat habis dipakai ataupun bisa dipakai berulang-ulang yang bentuknya relatif kecil dan pada umumnya bertujuan untuk melengkapi kebutuhan bisnis perusahaan. Perlengkapan (supplies) bisa menjadi salah satu biaya perusahaan yang besar (tergantung pada jenis usaha). Contoh perlengkapan kantor seperti meja, kursi, steples, cap, lemari, filing cabinet, etalase, lemari arsip, kotak sampah, pena, pensil dan sebagainya.

Pengertian peralatan adalah suatu alat ataupun bisa berbentuk tempat yang gunanya adalah untuk mendukung berjalannya pekerjaan. Perlatan pada umumnya lebih tahan lama (masa manfaatnya lebih lama) jika dibandingkan dengan perlengkapan (supplies). Istilah peralatan dalam akuntansi mengacu pada mesin, perabot dan peralatan kantor, kendaraan, komputer, perangkat elektronik dan mesin perkantoran.

Perbedaan perlengkapan dan peralatan menurut akuntansi

Ciri-Ciri Peralatan (Equipment) :
  • Terdapatnya biaya penyusutannya.
  • Bisa dijual kembali dan akan terdapat Gain atau Loss pada saat menjualnya.
  • Masa manfaat atau masa pemakaian lebih dari 1 tahun.
  • Biasanya digunakan dengan listrik.
  • Lebih mahal dan lebih besar.
  • Tujuan utamanya adalah sebagai pendukung jalannya usaha (jika tidak ada peralatan berarti bisnis tidak jalan).
  • Dicatat sebagai Fixed Asset (aktiva tetap) atau Capital Asset
  • Contoh peralatan : komputer desktop (PC), mesin dsb
Ciri-Ciri Perlengkapan (Supplies) :
  • Tidak adanya biaya penyusutan karena termasuk barang yang habis pakai.
  • Tidak bisa dijual kembali.
  • Masa manfaat atau masa pemakaiannya kurang dari 1 tahun.
  • Dapat digunakan tanpa listrik.
  • Lebih murah dan relatif lebih kecil.
  • Tujuan utamanya hanya sebagai pelengkap (untuk melengkapi) bukan sebagai pendukung usaha.
  • Dicatat sebagai Current Asset (aktiva lancar).
  • Contoh perlengkapan : alat tulis kantor, steples, stabilo dsb.

Itulah beberapa perbedaan perlengkapan dan peralatan dalam akuntansi. Semoga bermanfaat
Previous Post
Next Post

post written by:

0 Comments: