Khasiat Buah Rambusa Untuk Kesehatan

Khasiat Buah Rambusa Untuk Kesehatan


Rambusa dengan nama ilmiah Passiflora Foetida merupakan salah satu tanaman yang tumbuh liar, buah tanaman ini mempunyai ukuran kecil yang khas dengan warna kuning terang jika matang dan dibungkus oleh selaput seperti bulu atau jaring-jaring. Buah ini mudah dijumpai pada daerah perdesaan karena pada umumnya rambusa tumbuh liar di hutan, perkarangan rumah dan perkarangan yang berumput. Buah ini juga dikenal dengan berbagai nama daerah seperti ceplukan blungsun (Jawa), permut, rajutan, kaceprek atau ki leuleu’eur (Sunda), dan timun dendang atau timun padang (Malayu).

Rasa buah rambusa mempunyai rasa asam dan manis yang begitu menyegarkan, selain enak untuk dikonsumsi buah ini juga mempunyai kandungan gizi yang melimpah sehingga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Kandungan buah rambusa cukup banyak terdapat kandungan mineral seperti potassium, kalsium, dan zat besi. Kandungan potassiumnya sangat berguna bagi tubuh diantaranya dapat menguatkan otot, mencegah stroke, mengontrol tekanan darah, menjaga sistem syaraf dan lain sebagainya. Berikut ini beberapa manfaat buah rambusa untuk kesehatan:

Mencegah Anemia
Kandungan zat besi yang ada didalam buah rambusa sangatlah bermanfaat untuk membantu menghasilkan sel-sel darah merah hingga bisa mencegah penyakit anemia.

Mencegah Kanker
Zat antioksidan yang terdiri dari vitamin C, flavonoid, serta potassium dapat mencegah efek radikal bebas dari pertumbuhan sel-sel kanker.

Menjaga Kesehatan Tulang
Kandungan kalsium dalam rambusa bermanfaat menjaga kesehatan tulang, menyehatkan tulang, dan menjaga kepadatan tulang hingga bisa terhindar dari resiko terserang osteoporosis.

Mengatasi Gangguan Ginjal
Kandungan mineral di dalamnya memiliki kemampuan untuk mengatasi fungsi ginjal dalam proses ekskresi urine.

Mengontrol Tekanan Darah
Kandungan fitronutrien didalam buah itu sangatlah bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah supaya tetap stabil.

Menjaga Kesehatan Gusi serta Gigi
Selain bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang, kandungan kalsium di dalamnya juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan gusi serta gigi.

Mengurangi Stres
Kandungan senyawa yang dimiliki dapat meningkatkan hormon rasa suka dan bisa menstabilkan syaraf-syaraf pusat hingga tubuh serta otak menjadi rileks.

Previous Post
Next Post

post written by:

0 Comments: