Tugas dan Kewajibab Istri kepada Suami dan Anak

Tugas dan Kewajibab Istri kepada Suami dan Anak

Seorang istri yang baik tentunya mau membantu meringankan beban suami, menentramkan, menenangkan dan bergerak mengikuti langkah suaminya, ketika sang suami mengalami kelelahan dan kejenuhan tentunya suami akan akan datang kepada istrinya untuk mendapatkan ketenangan dan kenyamanan. seorang istri memberikan dampak yang begitu besar terhadap kelangsungan hidup dalam berumah tangga karena seorang istri lah yang sudah sewajarnya dapat memberikan kasih sayang dan penyemangat baik itu terhadap suami maupun anak-anaknya.

Perempuan adalah salah satu jenis mahluk Tuhan yang diciptakan memiliki karakter yang halus, lemah lembut dan memiliki kasih sayang yang begitu tinggi terhadap suami dan anak-anak nya, hal ini lah yang menjadi peranan seorang istri menjadi sangat penting dan tentunya memahami apa yang menjadi tugas dan kewajibannya dalam kehidupan rumah tangganya.
Dengan dasar-dasar tersebut maka secara rinci tugas dan kewajiban istri dapat dijelaskan sebagai berikut;
  1. Istri berkewajiban memelihara dan melindungi anak-anaknya dengan rasa kasih sayang dan penuh kesabaran, menanggung jerih payah dan beban dalam mendidik anak-anaknya.
  2. Seorang istri sudah seharusnya dapat memenuhi tugas serta kewajiban terhadap suaminya baik itu dalam hal urusan rumah tangga maupun kebutuhan biologisnya.
Dalam ajaran agama islam seorang istri yang 'shalihah' akan senantiasa menempatkan ketaatan terhadap suaminya serta dapat menjaga perilaku yang baik terhadap suami maupun lingkungannya, hal ini dapat kita lihat dalam kehidupan sehari-hari. ada banyak perilaku yang mencerminkan ketaatan seorang istri terhadap suaminya, seperti contoh berikut ini ;
  • istri tidak boleh tamak terhadap pakaian dan perhiasan, hal ini dapat memadamkankan cahaya kasih sayang antar suami dan istri.
  • pada saat suami tidak ada dirumah, istri wajib menjaga harta benda dan jiwa raganya.
  • sebaiknya istri musyawarah terlebih dahulu terhadap suami apabila ingin melakukan sebuah tindakan atau keputusan yang kiranya memberi pengaruh terhadap kehidupan rumah tangganya.
  • seorang istri sudah seharusnya patuh terhadap suaminya begitu juga ketika berbicara harus dengan ucapan yang halus, baik dan sopan.
  • istri sudah sewajarnya terlihat cantik dan menarik dihadapan suaminya, hal ini dapat mendorong rasa kasih sayang antara suami terhadap istrinya.
  • sebaiknya istri tidak boleh menyuruh suami ( kecuali dengan keadaan yang mendesak ) apalagi dengan pekerjaan yang bukan seharusnya dikerjakan oleh suami seperti misalnya memasak, menyuci pakaian dll.
  • seorang istri harus ikhlas dan menerima terhadap pemberian rejeki yang diberikan oleh suami
Dari gambaran tersebut jelas bahwa seorang istri harus tetap pada tabiatnya, halus, sopan dan taat terhadap suami, tunjukan sikap yang diliputi oleh rasa kasih sayang terhadap suami dan anak-anaknya, hiburlah suami ketika sedang mengalami kesusahan dan tenangkanlah hatinya saat gelisah serta membangkitkan harapan ketika suami mengalami putus asa, itullah tugas dan kewajiban seorang istri yang baik.
Previous Post
Next Post

post written by: